Saturday 30 May 2015

Batasan dan Struktur Teks Eksposisi


ananda-maulana.blogspot.co.id

Batasan teks eksposisi:

ananda-maulana.blogspot.co.id

Karangan eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu sehingga  dapat memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah atau nonfiksi. Sumber karangan eksposisi diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Contoh teks eksposisi:

ananda-maulana.blogspot.co.id

"Bekam"

Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melewati permukaan kulit. Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksigen dalam tubuh. Besarnya manfaat bekam, membuat teknik pengobatan ini semakin banyak diminati kalangan masyarakat.

Struktur teks eksposisi dengan judul "Bekam":

ananda-maulana.blogspot.co.id

  1. i. Pernyataan pendapat (tesis)
Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melewati permukaan kulit.
  1. ii. Argumentasi
Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksigen dalam tubuh.
  1. iii. Penegasan ulang pendapat
Besarnya manfaat bekam, membuat teknik pengobatan ini semakin banyak diminati kalangan masyarakat.



1 comment: