Sunday 7 June 2015

Teks Argumentasi Politik

ananda-maulana.blogspot.co.id

Pemilu, Pemilih Pemula Harus Cerdas

ananda-maulana.blogspot.co.id

Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 (Pasal 1 UU No. 8 tentang pemilu).

tidak jarang para caleg peserta pemilu umumnya memanfaatkan para pemilih pemula untuk dijadikan sebagai basisnya. Sebab, para pemilih pemula ini dianggap masih lugu, mudah didoktrin dan tidak tahu tentang dunia perpolitikan.

ananda-maulana.blogspot.co.id

Oleh karena itu, untuk menghindari politik uang dalam kampanye, pemilih pemula harus diberikan pengenalan pendidikan politik yang benar, sebagaimana menurut Kartini Kartono, tujuan pendidikan politik adalah untuk membuat rakyat mampu memahami situasi politik.

Dengan cara itu, politik di Indonessia bisa menjadi politik yang berkualitas. Sesuai dengan pernyataan Aristoteles "Politik yang bermakna adalah politik yang bisa mengubah rakyat dari sekedar hidup belaka (Bare Life) menjadi hidup yang lebih baik (Good Life)." Maka memberikan pendidikan politik bagi masyarakaat adalah bentuk mengubah hidup masyarakat dari bare life menjadi good life.


ananda-maulana.blogspot.co.id


1 comment: