Friday 19 June 2015

Teks Eksposisi Tema Ekonomi


teks yang mengekspos sesuatu mengenai ekonomi indonesia

Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem ekonomi kerakyatan yang ada di Indonesia


produk usaha kecil menengah yang merupakan faktor ekonomi kerakyatan
Sistem ekonomi di Indonesia yaitu Ekonomi Kerakyatan. Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat. Dimana ekonomi rakyat sendiri adalah sebagai kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan yang dengan cara swadaya mengelola sumber daya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan yang dapat dikuasainya, yang selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

alternatif untuk menjawab kegagalan yang dialami Indonesia

Ekonomi kerakyatan ini dikembangkan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat lokal dalam mengelola lingkungan. Gagasan ekonomi kerakyatan dikembangkan sebagai upaya alternatif dari para ahli ekonomi Indonesia untuk menjawab kegagalan yang dialami oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia.


Pembangunan yang berorientasi kerakyatan dan berbagai kebijaksanaan yang berpihak pada kepentingan rakyat. Konsep ekonomi kerakyatan dikembangkan sebagai upaya untuk lebih mengedepankan rakyat. Dengan kata lain konsep ekonomi kerakyatan dikembangkan sebagai upaya sebuah strategi untuk membangun kesejahteraan dengan lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat.

Ekonomi di Indonesia yang sering menjadi perbincangan dunia

Dapat dikemukakan bahwa ekonomi rakyat tidak ada pembatasan mengenai besaran dan jenis produk. Ekonomi rakyat bersifat inklusif dan terbuka. Oleh karena itu, sifat fundamental tersebut telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang.

pertumbuhan IHSG Indonesia dari tahun ke tahun




3 comments: